Portulaca: Bunga Ini Mekar Hanya Di Jam 9 Pagi

Sebuah tumbuhan yang tumbuh mekar apalagi bunga terkadang kita pun tidak pernah mengetahui kapan tepatnya ia mulai tumbuh bermekaran. Semua terjadi karena kebesaran Maha Kuasa yang sudah mengatur segala hal yang terjadi dalam hidup ini. Namun, berbeda dengan bunga berwarna pink yang satu ini seorang warga yang menanamnya mengatakan jika bunga ini hanya akan mekar di jam 9 pagi. Ia sudah lama mengamatinya dan pada akhirnya menyimpulkan jika pada jam 9 pagi inilah bunga yang tumbuh merambat ini akan mulai pada jam itu.

Bunga yang tumbuh di pekarangan ini sangat cantik, warnanya pink, berukuran kecil dan memiliki bentuk daun yang unik seperti jarum. Sudah banyak orang yang sangat mengagumi keindahan dari bunga yang disebut dengan “bunga pukul 9“. Mekarnya akan semakin sempurna ketika matahari menyinari dan itu akan bisa bertahan tetap mekar hingga sore hari.

Nama latin bunga ini adalah Portulaca grandiflora Hook dengan beberapa nama sinonim seperti Portulaca hilaireana G. Don, Portulaca immersostellulata Poelln., Portulaca mendocinensis Gillies ex Hook., Portulaca multistaminata Poelln., dan Portulaca pilosa subsp. grandiflora (Hook.) R.Geesink. Bunga ini berkerabat dekat dengan bunga Gelang Biasa (Portulaca oleracea L.).

Portulaka atau Bunga Pukul Sembilan merupakan tanaman asal Amerika Selatan (Argentina, Brasil, dan Urugay) yang kemudian tersebar ke berbagai tempat di dunia termasuk Indonesia.

Wah, jadi penasaran yah kayak apa bunganya šŸ™‚